Panduan
Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013
Kupas Tuntas
Panduan Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013. Penilaian PAUD (TK KB
TPA SPS) adalah hal yang harus dilakukan untuk mengetahu sejauh mana
perkembangan anak usia dini.
Penilaian
dan pelaporan perkembangan anak usia dini merupakan bagian penting dalam
rangkaian pelaksanaan pendidikan anak usia dini. Penilaian dan pelaporan
memiliki banyak makna dan tujuan, yang utamanya berpusat pada bagaimana
memahami dan mengetahui perkembangan yang dicapai anak setelah mendapatkan
rangsangan pembelajaran.
Penilaian
pada pendidikan anak usia dini bersifat proses sehingga tidak hanya
dilaksanakan satu atau dua kali pada waktu tertentu saja, tetapi secara
berkesinambungan dan terus-menerus.
Penilaian
pada pendidikan anak usia dini dilaksanakan pada saat anak bermain,
berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui
hasil karyanya. Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru
bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk
dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.
Penilaian
perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena
banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa
terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak.
Keseriusan,
ketelitian mengamati dan objektivitas di dalam pengelolaan fakta tanpa
dicampuri dengan asumsi-asumsi, menjadi data yang mampu menggambarkan siapa dan
bagaimana anak sesungguhnya. Data-data inilah yang kemudian dikomunikasikan
kepada orang tua sebagai laporan untuk ditindaklanjuti bersama, baik di satuan
PAUD maupun pengasuhan di rumah.
Kupas Tuntas
Cara Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD TK KB Kurikulum 2013. cara penilaian
paud cara penilaian anak paud cara penilaian raport anak paud cara menilai anak
paud cara penilaian di paud alat dan cara penilaian di paud
Kupas Tuntas
Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013
Berikut ini
adalah tulisan singkat tentang kupas tutnas panduan penilaian hasil
pembelajaran PAUD yang dapat digunakan oleh para guru di sekolah PAUD :
Pengertian
Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini (PAUD), Lihat Disini
4 Proses
Penilaian PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Lihat Disini
Manfaat
Penilaian PAUD Bagi Anak, Guru dan Orangtua, Klik Disini
8 Prinsip
Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini (PAUD), Klik Disini
Pengertian
Penilaian Otentik PAUD & Lingkup Penilaian, Baca Disini
Sistematika
Penilaian Hasil Belajar Anak PAUD
Setelah
mengetetahui penjelasan dasar atau pengantar penilaian hasil belajar PAUD,.
selanjutnya bagaima sih cara melakukan penilaian di PAUD?
Okehh ayah
bunda sekalian, penilaian di PAUD dimulai dari PENILAIAN HARIAN dimana di dalam
penilaian harian ini digunakan 3 (tiga) teknik penilaian yaitu menggunakan :
Catatan
Anekdot Anak PAUD Kurikulum 2013, Klik Disini
Catatan
Hasil Karya Anak Penilaian PAUD K-13, Klik Disini.. dan
Skala
Capaian Perkembangan PAUD (Rating Scale) -Klik Disini
Dari ketiga
format penilaian harian PAUD tersebut selanjutnya dibuatlah Buku Portofolio
PAUD.
Nah berawal
dari portofolio anak tersebut, berikutnya ayah bunda membuat PENILAIAN BULANAN
silahkan Baca Disini untuk lebih detil (Laporan mingguan sudah diakomodir di
dalam laporan bulanan sehingga tidak perlu dibuat lagi).
Tahap
terakhir, dari Laporan Bulanan PAUD, ayah bunda perlu mengakumulasi keseluruhan
nilai hasil pembelajaran yang ada untuk dituangkan ke dalam Laporan Semester
atau Raport PAUD. Silahkan Baca Disini untuk tata cara membuat Raport PAUD
Kurikulum 2013.
RAPORT PAUD
Ayah bunda
dapat membuat Laporan Penilaian Perkembangan Anak (LPPA) menggunakan format
LPPA Raport PAUD by PAUD JATENG atau menggunakan LPPA Raport PAUD Sesuai
Pedoman, atau menggunakan LPPA Raport PAUD versi ayah bunda sendiri yang tetap
memuat aspek penilaian yang ada di dalam pedoman penilaian PAUD Kurikulum 2013.
Semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar